Sabtu, 03 Maret 2012

OBTRA / OAI

bahan – bahan alam yang terdapat diindonesia, diolah seara sederhana atas dasar pengalaman dan penggunaannya dalam pengobatan
Menurut Herbal Indonesia Berkhasiat hal.10
Obat tradisional sebagai obat asli di suatu Negara yang digunakan secara turun temurun di Negara itu atau di Negara lain.
Apotik Hidup dari Rempah-Rempah dan Tanaman Liar
Obat tradisional adalah obat yang tidak menimbulkan banyak efek samping, karena kandungan kimianya masih bisa dicerna oleh tubuh untuk dikonsumsi. Selain sangat bermanfaat obat tradisional lebih mudah terjangkau masyarakat dan ketersediaannya tidak terbatas (Septiatin, 2008).
DEPKES RI.1983.Pemanfaatan tanaman obat.BALAI POM.Jakarta
Obat tradisional adalah obat yang berasal dari bahan tumbuh – tumbuhan, hewan, mineral atau sedian galeniknya atau campuran dari bahan – bahan tersebut yang belum mempunyai data klinis dan dipergunakan dalam usaha pengobatan berdasarkan pengalaman.
Menurut Peraturan Perundang-undangan : 192
Obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan, tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian atau galenik, atau campuran dari bahan tersebut, yang secara turun menurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkn pengalaman.
Menurut 273 ramuan tradisional
Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya.
Menurut Permenkes RI No. 246­/­Men­kes­/Per/V/1990
Obat Tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan galenik atau campuran dari bahan-bahan tersebut, yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar